Indonesia Bukti Ada Demokrasi Tanpa Hukum

Indonesia Bukti Ada Demokrasi Tanpa Hukum
Indonesia Bukti Ada Demokrasi Tanpa Hukum
JAKARTA - Amburadulnya proses penegakan hukum dan manajemen kepartaian yang terjadi sampai sekarang di Indonesia, menurut Indonesianis dari Northwestern University USA Jeffry Winters dikarenakan gagalnya reformasi 1998 memproses hukum mantan Presiden Soeharto sampai tuntas. Setelah Soeharto lengser pada 21 Mei 1998, dia menyebut semangat yang berkembang justru mengamankan Soeharto dan keluarganya.

"Soeharto lengser, ada Habibie, lalu langsung muncul Wiranto. Kata pertama dari Wiranto adalah keluarga Soeharto akan diselamatkan. Seharusnya begitu Soeharto turun, kasih perintah langsung tangkap, bawa ke penjara, menunggu pengadilan. Sejarah Indonesia akan berbeda sekali kalau itu terjadi," kata Jeffry dalam diskusi Pengadilan Hosni Mubarok : Pelajaran Untuk Indonesia di Rumah Perubahan 2.0, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (9/8).

Turut berbicara pendiri Rumah Perubahan 2.0 Rizal Ramli, Pengamat Politik Timur Tengah Zuhaeri Misrawi, dan Peneliti Universitas Paramadina Herdi Sahrasad. Hadir juga mantan juru bicara mantan Presiden Gus Dur yang juga Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Adhie Massardi.

Jeffry menyampaikan mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak, setelah jatuh dari kursi kekuasaannya, sekarang menjalani proses pengadilan. Berbeda dengan Soeharto yang setelah lengser bisa pulang dengan tenang ke kediamannya di Cendana.

JAKARTA - Amburadulnya proses penegakan hukum dan manajemen kepartaian yang terjadi sampai sekarang di Indonesia, menurut Indonesianis dari Northwestern

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News