Indonesia Cocoknya Federal

Indonesia Cocoknya Federal
Indonesia Cocoknya Federal
JAKARTA--Sejarawan Universitas Indonesia (UI) Prof Dr RZ Leirissa menyatakan, Indonesia paling cocok menjadi negara federal. Bentuk negara kesatuan dinilai merugikan Indonesia karena pembangunan tidak bisa merata.

“Indonesia ini sangat luas, coba Anda ambil peta bumi dan bandingkan betapa luasnya Indonesia dibanding negara lainnya. Siapa pun presidennya akan sulit mengatur negara ini,” ujarnya.

Sulitnya memanage Indonesia, sudah disadari saat Soekarno memerintah. Karena itu, dia mencetuskan federalisme sebagai sistem pemerintahan Indonesia. Entah kenapa, Soekarno berbalik ke sistem NKRI lagi. 

“Saya tidak mengerti kenapa sampai Presiden Soekarno tiba-tiba kembali ke NKRI, padahal beliau paham betul bahwa Indonesia tidak cocok dengan sistem tersebut. Mungkin karena banyak tekanan politik terkait dengan PKI, sehingga Soekarno kemudian tidak meneruskan sistem federal yang sudah dimulainya beberapa tahun,” ulas Leirissa.

JAKARTA--Sejarawan Universitas Indonesia (UI) Prof Dr RZ Leirissa menyatakan, Indonesia paling cocok menjadi negara federal. Bentuk negara kesatuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News