Indonesia Kembalikan Kerangka 9 Tentara Jepang Era Perang Dunia II

Indonesia Kembalikan Kerangka 9 Tentara Jepang Era Perang Dunia II
Pemerintah Indonesia akan mengembalikan sembilan kerangka yang diduga tentara Jepang pada Perang Dunia II. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan mengembalikan sembilan kerangka yang diduga tentara Jepang pada Perang Dunia II. 

Pada 1944, sejarah telah mencatat bahwa di wilayah yang kini disebut Indonesia pernah menjadi teater Perang Dunia II. Pertempuran berlangsung di beberapa lokasi dan banyak kisah telah terjadi. 

Salah satu pertempuran terjadi antara tentara Jepang dan Amerika di Kepulauan Biak – Numfor, Papua. Setelah 80 tahun berlalu, Tim Teknis Gabungan Indonesia dan Jepang berhasil mengumpulkan 9 kerangka manusia yang diduga kuat sebagai tentara Jepang yang gugur pada Perang Dunia II di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

"Kerangka-kerangka tersebut kini telah sampai di Jakarta untuk diteliti lebih lanjut kepastiannya dengan menggunakan tes DNA oleh BRIN," kata Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid di Jakarta, Jumat (28/6).

Penemuan sembilan kerangka ini merupakan hasil positif setelah pada 2019 lalu terjadi penandatanganan kesepakatan kerja sama antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemendikbudristek dan Kedubes Jepang, mengenai usaha ekskavasi, sisa-sisa, jasad dari para serdadu Jepang yang meninggal waktu perang dunia II, khususnya di daerah Papua. 

“Terlepas dari sejarah masa lalu, tentunya upaya ini merupakan misi kita untuk memuliakan manusia, sekaligus pengingat agar tidak terulang di masa mendatang,” imbuhnya.

Tim Teknis Gabungan Indonesia dan Jepang dibentuk sebagai tindak lanjut perjanjian kedua negara. Pada 25 Juni 2019 ditandatangani Agreement between the Government of Japan and the Government of the Republic Indonesia on Excavation, Collection and Repatriation of the Remains of Japanese Soldiers who died in the Second World War in the Province of Papua and the Province of West Papua.

Realisasi perjanjian ini mengalami kendala karena pandemi menerpa dunia. 

Sembilan kerangka tentara Jepang Perang Dunia Kedua akan dikembalikan pemerintah Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News