Indonesia-Pakistan Kerja Sama Urusan Haji

Juga Gandeng IDB untuk Pelaksanaan Dana Dam Jamaah

Indonesia-Pakistan Kerja Sama Urusan Haji
Indonesia-Pakistan Kerja Sama Urusan Haji

MAKKAH - Pemerintah sepakat menjalin kerja sama dengan negara-negara lain tentang pelaksanaan haji. Terbaru menjajaki komunikasi dengan Negara Pakistan. Rabu petang (9/10) Waktu Arab Saudi (WAS) atau Rabu malam WIB, Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama Suryadharma Ali bertemu dengan Menteri Urusan Haji dan Harmoni Antaragama Pakistan Shadar Mohammad Yusuf.

      

"Kami melakukan pertemuan untuk berbicara berkaitan dengan peningkatan kerja sama pemerintah Indonesia dan Pakistan, bidang pendidikan agama dan pelaksanaan haji," kata" Suryadharma.

      

Dalam pertemuan di Haram Tower, Hotel Monvepick, Madinah, itu Menag didampingi Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Anggito Abimanyu. Selain itu, tampak Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Makruf Amin, dan sejumlah tokoh agama. Di antaraya KH Masdar F Mas"udi (ketua PB NU) dan Prof Syafiq Mughni (Muhammadiyah).

      

Upaya menjalin kerja sama tersebut bukan tanpa pertimbangan. Sebab, Pakistan dan Indonesia sama-sama memiliki kuota haji paling banyak dan pengirim jamaah haji terbesar di dunia. Kuota haji Palestina sekitar 200 ribu, sedangkan Indonesia sebesar 211 ribu. Di bawah Indonesia dan Pakistan, negara pengirim jamaah haji terbesar masing-masing India, Malaysia, dan Turki.

      

MAKKAH - Pemerintah sepakat menjalin kerja sama dengan negara-negara lain tentang pelaksanaan haji. Terbaru menjajaki komunikasi dengan Negara Pakistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News