Indonesia Perlu Modernisasi Irigasi

Indonesia Perlu Modernisasi Irigasi
Indonesia Perlu Modernisasi Irigasi
JAKARTA - Ketahanan pangan dan air perlu didukung dengan modernisasi sistem irigasi nasional. Pasalnya, pengelolaan air irigasi yang dilakukan selama ini dinilai belum efektif dan efisien untuk mendukung peningkatan produksi pertanian yang secara otomatis mengangkat kesejahteraan para petani.

"Modernisasi irigasi sangat penting untuk mendukung produktivitas usaha tani guna meningkatkan produksi pertanian dalam rangka ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan petani," kata Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Mochammad Amron dalam keterangan persnya, Senin (31/1).

Modernisasi irigasi di Indonesia, jelas dia, menyangkut sistem pengelolaan irigasi untuk memenuhi tingkat layanan (level of service) irigasi yang telah ditetapkan sebelumnya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan. Untuk mendukung ketahanan pangan dan air, melalui peningkatan keandalan penyediaan air, prasarana, pengelolaan irigasi, institusi pengelola, dan sumber daya manusia.

 

"Hal ini perlu segera dilakukan apalagi menyusul ramainya isu perubahan iklim dan pemanasan global," tambahnya.

Selain itu, sebagian daerah irigasi (DI) saat ini sudah melewati umur ekonomisnya.

JAKARTA - Ketahanan pangan dan air perlu didukung dengan modernisasi sistem irigasi nasional. Pasalnya, pengelolaan air irigasi yang dilakukan selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News