Indonesia Potensi Bencana Tinggi

Indonesia Potensi Bencana Tinggi
Indonesia Potensi Bencana Tinggi
JAKARTA - Kejadian bencana banjir, longsor, dan kekeringan selain karena kerusakan lingkungan, juga dipicu dengan fenomena perubahan iklim. Berdasarkan data dari BNPB 2011, tren bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Bencana yang terjadi tersebut umumnya berkaitan dengan hidrometeorologi seperti kekeringan, tanah longsor, puting beliung dan gelombang pasang yang terjadi rata-rata hampir 80 persen dari total bencana di Indonesia.

Bahkan, menurut catatan Internasional Disaster Database 10 kejadian bencana terbesar di Indonesia yang terjadi dalam periode waktu 1907 – 2007 terjadi setelah 1990-an dan sebagian besar merupakan bencana yang terkait dengan iklim khususnya banjir, kemudian kekeringan, kebakaran hutan, dan ledakan penyakit.

”Potensi bencana banjir 2012 memiliki pola cuaca yang sama dengan 1992 dan 2006. Selain itu, potensi banjir tahun ini disebabkan pula oleh laju kerusakan lingkungan, yaitu semakin berkurangnya tutupan lahan dan daerah resapan,’’ jelas Menteri Negara Lingkungan Hidup Prof Dr Balthasar Kambuaya MBA di Jakarta, Kamis (12/1).

Lebih lanjut Menteri asal Papua itu menjabarkan penyebab bencana lainnya perilaku masyarakat yang belum ramah lingkungan. Khususnya terkait dengan perlakuan sampah masih saja dibuang sembarangan. Oleh karenanya salah satu solusi antisipasi banjir, pada 2012 ini Kementerian Lingkungan Hidup akan berusaha penuh untuk melibatkan semua pihak dalam Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan tahun lalu.

JAKARTA - Kejadian bencana banjir, longsor, dan kekeringan selain karena kerusakan lingkungan, juga dipicu dengan fenomena perubahan iklim. Berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News