Indopol Survey: Elektabilitas Abdul Wahid-SF Haryanto di Kampar Unggul

Indopol Survey: Elektabilitas Abdul Wahid-SF Haryanto di Kampar Unggul
Direktur Eksekutif Indopol Survey Ratno Sulistiyanto. Foto: source for JPNN

jpnn.com - Indonesia Political Survey & Consulting (Indopol Survey) merilis hasil survei calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Riau di wilayah Kabupaten Kampar.

Dari hasil survei lembaga ini, jika Pilkada Riau di Kabupaten Kampar dilaksanakan saat survei dilakukan, hasilnya Abdul Wahid-SF Haryanto memimpin dengan perolehan 26,2%, disusul Syamsuar – Mawardi Saleh 23,5%, serta Muhammad Nasir – HM Wardan sebesar 18,3%.

"Kondisi politik ini masih dinamis sebab masih ada 32,0 persen pemilih yang belum menentukan sikap (undecide voter). Di mana akan bisa merubah elektabilitas semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau," kata Direktur Eksekutif Indopol Survei Ratno Sulistiyanto melalui siaran pers, Kamis (26/9/2024).

Menurut Ratno, masih dinamisnya peta elektoral di Pilkada Riau juga dipengaruhi angka swing voter atau pemilih yang masih bisa berbuah sikap yang angkanya cukup besar, yakni 75.5%.

"Faktor peubah swing voter ini karena alasan visi dan misi calon gubernur lain lebih baik, selain itu masyarakat Kampar menilai masih ada waktu cukup panjang untuk menentukan pilihan dalam pilkada nanti," ujarnya.

Hasil survei ini juga menunjukkan basis dukungan pasangan Abdul Wahid-SF Haryanto berada di Kecamatan Rumbio Jaya, Bangkinang Kota, Bangkinang, Kampar Timur dengan elektabilitas di atas 50%.

Sementara basis dukungan Saymasuar-Mawardi Saleh umumnya di Kecamatan IIX Koto Kampar, Kampar Kiri Hilir, Siak Hulu, dan Gunung Sahilan.

Lalu, untuk pasangan Muhammad Nasir-Wardan, basis dukungannya berada di Kecamatan Tapung Hulu, Kampar Utara, Kampar Kiri Tengah, dan Kampar Kiri.

Elektabilitas Abdul Wahid-SF Haryanto di Kampar unggul dibanding dua rivalnya di Pilgub Riau berdasarkan hasil survei Indopol Survey.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News