Ini 4 Faktor untuk Mencapai Visi Integrasi dan Konektivitas Subkawasan BIMP-EAGA

Ini 4 Faktor untuk Mencapai Visi Integrasi dan Konektivitas Subkawasan BIMP-EAGA
Staf Ahli Menko Perekonomian Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Rizal Edwin mewakili Menko Airlangga Hartarto memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan Pertemuan Tingkat Menteri (Ministerial Meeting) BIMP-EAGA ke-27. Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, KINABALU - Staf Ahli Menko Perekonomian Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Rizal Edwin mewakili Menko Airlangga Hartarto memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan Pertemuan Tingkat Menteri (Ministerial Meeting) BIMP-EAGA ke-27.

Agenda tersebut merupakan pertemuan puncak sekaligus penutup rangkaian pertemuan yang telah diselenggarakan sejak Minggu (13/10).

Dalam kesempatan itu, para Menteri BIMP-EAGA menyampaikan arahan strategis dan langkah yang perlu dilakukan di tengah turbulensi geopolitik dan geo-ekonomi regional dan global.

Ini 4 Faktor untuk Mencapai Visi Integrasi dan Konektivitas Subkawasan BIMP-EAGA

Ketua Delegasi Indonesia Rizal Edwin mengawali pertemuan tersebut mengingatkan pentingnya keterhubungan holistik subkawasan, baik secara fisik, digital maupun energi.

Konvergensi Customs, Immigration, Quarantine, and Security (CIQS) dan pengembangan infrastuktur pendukung di perbatasan perlu menjadi prioritas dan dipercepat implementasinya.

“Studi koridor ekonomi BIMP-EAGA juga perlu dimanfaatkan sebagai referensi kebijakan dalam membangun subkawasan,” jelas Edwin dalam keterangan resminya, Minggu (20/10).

Indonesia menyampaikan empat faktor untuk mengejar visi BIMP-EAGA 2025.

BIMP-EAGA perlu menentukan arah masa depan pasca 2025 demi mencapai visi integrasi dan konektivitas subkawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News