Ini 5 Tokoh yang Bakal Menerima Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024

Ini 5 Tokoh yang Bakal Menerima Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024
Satu dari lima calon penerima Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024, Grandprix Thomryes Marth Kadja. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Lima tokoh bakal menerima Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024.

Mereka ialah:

  1. Jusuf Wanandi (Pemikiran Sosial)
    Intelektual lintas generasi yang karya-karyanya berpengaruh dalam membentuk tradisi pemikiran sosial di Indonesia, khususnya seputar demokrasi, pemerintahan, dan hubungan internasional.
  2. D. Zawawi Imron (Seni dan Budaya: Sastra)Sastrawan asal Madura yang puisi-puisinya kerap memotret lanskap alam yang polos dan imaji halus tentang kehidupan pedesaan. Metafora dalam karya-karyanya menghadirkan berbagai segi dan watak manusia yang tak terduga.
  3. Afriyanti Sumboja (Sains dan Teknologi)Periset yang menjadi representasi aktif Indonesia di kancah global dalam bidang riset fundamental dan terdepan di bidang Teknik Material untuk pengembangan baterai generasi mendatang dengan performa penyimpanan energi yang lebih besar.
  4. Harapan (Kesehatan)
    Virolog dan Pakar Kesehatan Masyarakat asal Aceh dengan kontribusi riset pengembangan kajian epidemiologi molekuler dan investigasi kesehatan masyarakat terkait Arbovirus (virus dengue dan chikungunya), serta ekuitas dan penerimaan vaksinasi di Indonesia.
  5. Grandprix Thomryes Marth Kadja (Penghargaan Khusus: Ilmuwan Muda).
    Ilmuwan Muda (31 tahun) Pengembang Material Nano sebagai Katalis untuk Energi Berkelanjutan.

Penghargaan Achmad Bakrie merupakan inisiatif Keluarga Bakrie untuk mengapresiasi putra-putri Indonesia yang memiliki pencapaian serta karya inspiratif yang bermanfaat bagi Indonesia, bahkan dunia.

Acara ini didukung oleh Kelompok Usaha Bakrie melalui Bakrie Untuk Negeri, bekerja sama dengan Universitas Bakrie, Freedom Institute, dan VIVA Group. Penghargaan digelar setiap tahun di bulan Agustus, bersamaan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejak digelar pertama kali pada 2003, penghargaan Achmad Bakrie telah diberikan kepada 86 penerima yang terdiri dari 82 perorangan dan empat lembaga atau kelompok. Ditambah dengan tahun ini, maka total penerima penghargaan saat ini berjumlah 91 penerima.

Ketua Penyelenggara Penghargaan Achmad Bakrie XX 2024 Aninditha Anestya Bakrie (Ditha) mengungkapkan, para penerima penghargaan dipilih oleh dewan juri yang kompeten dengan berbagai latar belakang dan kepakaran.

“Untuk tahun ini profil dewan jurinya kami buka agar masyarakat juga dapat mengetahui bahwa para penerima dipilih oleh dewan juri yang sangat kompeten dan kredibel,” ujar Ditha.

Dewan juri penghargaan Achmad Bakrie XX 2024 dipimpin oleh Rektor Universitas Bakrie Sofia W. Alisjahbana.

Penghargaan Achmad Bakrie digelar setiap tahun pada Agustus, bersamaan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News