Ini Deretan Keberhasilan yang Dicapai KLHK Selama 10 Tahun Dipimpin Menteri Siti Nurbaya

Ini Deretan Keberhasilan yang Dicapai KLHK Selama 10 Tahun Dipimpin Menteri Siti Nurbaya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya menyampaikan sambutan pada acara Panggung Kolaborasi Rimbawan di Arboretum Ir. Lukito Daryadi, Kompleks Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (28/3/2024). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Prof. Dr. Siti Nurbaya telah mengakhiri masa jabatannya  sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan selama 10 tahun di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Selama masa kepemimpinannya, Menteri Siti telah menoreh banyak kemajuan dalam sektor kehutanan dan lingkungan hidup. Berikut ini adalah catatan kemajuan KLHK di bawah pimpinan Siti Nurbaya:

1.  Keberhasilan KLHK dapat dilihat dari nilai reformasi birokrasi yang meningkat dari kategori B dengan skor 61,60 pada tahun 2015 menjadi kategori A dengan skor 80,93 pada tahun 2023.

2.  Transformasi digital juga terlihat dari penyatuan 347 aplikasi menjadi satu aplikasi terpadu. Selain itu, nilai keterbukaan informasi KLHK melesat dari 37,5 menjadi 90 pada 2023.

3.   Indonesia sebagai rumah bagi keanekaragaman hayati yang luar biasa, membuat KLHK harus bisa mengelola dan melindungi kawasan konservasi, menjaga habitat satuan liar, dan kelestarian alam. Restorasi ekosistem dilakukan dengan menanam pohon asli dan memulihkan habitat. Ada 22 tipe ekosistem alami di Indonesia untuk berbagai spesies flora dan fauna.

4.  KLHK menggunakan SMART, yaitu sistem pemantauan berbasis teknologi di 35 unit. Sementara itu, tercatat kenaikan populasi elang Jawa menjadi 1.437 ekor di 2021, dan kelahiran badak Jawa yang mulai langka pada tahun 2024.

5. Tercatat juga kawasan konservasi kini mencakup 26,9 juta hektare, dengan di antaranya ada cagar alam, suaka margasatwa, taman nasional, dan lainnya.

6.  KLHK di bawah kepemimpinan Ibu Siti Nurbaya juga berhasil merehabilitasi 1,9 juta hektare lahan kritis melalui program rehabilitasi hutan dan lahan atau RHL. Fokus utamanya adalah reboisasi, penghijauan, konservasi tanah dan air, serta rehabilitasi ekosistem terestrial, gambut, dan mangrove.

7.  Upaya yang dilakukan untuk RHL di antaranya program berbasis masyarakat, pengembangan pusat persemayaan di 8 titik yang tersebar di Indonesia, mendorong pemenuhan kewajiban penggunaan kawasan hutan, dan mengoptimalkan modal sosial dan sumber pembiayaan.

Selama masa kepemimpinannya, Menteri Siti telah menoreh banyak kemajuan dalam sektor kehutanan dan lingkungan hidup. Ada 22 poin keberhasilan yang dicapai KLHK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News