Ini Jumlah Ideal di Tiap Nomor Pelatnas

Ini Jumlah Ideal di Tiap Nomor Pelatnas
Ini Jumlah Ideal di Tiap Nomor Pelatnas

jpnn.com - JAKARTA - Proses promosi-degradasi (Promdeg) yang dilakukan PB PBSI memang tak bisa ditawar-tawar lagi. Setiap tahun, induk organisasi pimpinan Gita Wirjawan tersebut selalu mencari pebulutangkis terbaik untuk menghuni Pelatnas.

Mekanismenya, para atlet yang dianggap layak akan dipanggil ke Pelatnas yang bermarkas di Cipayung. Nantinya, para pebulutangkis yang memiliki penampilan menanjak akan dipromosikan dari level potensi menuju elite.

Sebaliknya, para atlet yang dianggap tak berkembang bakal dikembalikan ke klub masing-masing. Hal itu dilakukan karena PB PBSI ingin agar Pelatnas benar-benar dihuni pebulutangkis-pebulutangkis terbaik di Indonesia.

“Jumlah ideal pemain-pemain di nomor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran level elite adalah tiga hingga empat pasangan. Untuk tunggal putra dan putri, kami butuh empat orang. Itu sesuai dengan yang kami lihat di Piala Thomas dan Uber lalu,” ujar Kabid Binpres PB PBSI, Rexy Mainaky di situs PB PBSI.

Namun, PB PBSI tak melulu focus pada para atlet di level elite. Rexy menambahkan, jajarannya juga memberikan perhatian besar pada pebulutangkis di level potensi. Caranya ialah dengan melihat perkembangan mereka usai diterjunkan di sebuah kejuaraan.

“Pemain level potensi juga kami pantau. Tahun pertama masuk Pelatnas, mereka kami kirim ke turnamen. Hasilnya akan kami lihat. Kalau tahun kedua dan ketiga hasilnya masih sama, tentu harus dievaluasi apakah dia benar-benar berpotensi atau tidak,” tegas Rexy. (jos/jpnn)


JAKARTA - Proses promosi-degradasi (Promdeg) yang dilakukan PB PBSI memang tak bisa ditawar-tawar lagi. Setiap tahun, induk organisasi pimpinan Gita


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News