Ini Profil 5 Penerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2024 Kategori Pelestari

Ini Profil 5 Penerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2024 Kategori Pelestari
Lima orang penggerak budaya yang masuk sebagai kategori Pelestari dalam Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memberikan penghargaan kepada lima orang penggerak budaya yang masuk sebagai kategori Pelestari dalam Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2024.

Kelima nama terpilih itu, yaitu Siami, Endo Suanda, Senari, Sardjono, serta Komunitas Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (PASAK).

Kelima peraih penghargaan tersebut dinilai berkontribusi penting mempertahankan warisan tradisi maupun sejarah kebudayaan dari masa lalu.

Kemendikbudristek mengangkat tema 'Persembahan Istimewa Bagi Penggerak Budaya' pada AKI 2024 sebagai wujud apresiasi pemerintah yang dipersembahkan kepada para pelaku budaya di Indonesia yang telah berdedikasi dalam upaya pemajuan kebudayaan sekaligus mengajak masyarakat turut andil pada pelestarian kekayaan kebudayaan nasional.

Berikut Profil Penerima Penghargaan AKI 2024 Kategori Pelestari:

1. Siami, Pewaris Tenun Wastra Osing

Meski telah berusia 71 tahun namun semangat dan kerja keras Siami untuk selalu melestarikan kain tenun Wastra Osing dari Banyuwangi tidak pernah luntur.

Bahkan, Siami merupakan satu-satunya yang hingga kini masih menenun kain khas Suku Osing itu.

Siami mewarisi keahlian menenun kain Wastra Osing dari ibunya.

Berikut ini profil 5 penerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2024 kategori Pelestari yang diselenggarakan Kemendikbudristek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News