Ini Tiga Macam Gangguan Kesehatan yang Dipicu Gadget

Ini Tiga Macam Gangguan Kesehatan yang Dipicu Gadget
Foto Ilustrasi: Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com - BANYAK sekali istilah bermunculan untuk menjuluki berbagai gangguan kesehatan maupun kejiwaan yang berkaitan dengan gadget.

Sebut saja BlackBerry Thumb, Whatsapptitis, iPosture, atau Texting Neck. Istilahnya boleh saja baru menyesuaikan nama ’’penyebabnya’’ yang tengah booming. Namun, dokter orthopedic menemukannya sejak lama.

’’Sebelum ramai gadget juga sudah ada. Namun, gadget memang menjadi pemicu yang perlu diperhitungkan. Sebab, sekarang nggak mungkin orang nggak pakai gadget ya,’’ kata dr Stephanus Hendrata Darmadi MKes SpOT.

Dia mengenalkan tiga macam gangguan yang paling sering dipicu gadget akhir-akhir ini. Yakni, trigger finger, De Quervain, dan carpal tunnel syndrome (CTS).

BlackBerry Thumbs, Nintendoitis, atau Injurwii sesunggguhnya adalah penyakit bernama trigger finger. Gejala yang dirasakan adalah jari kaku. Saat diarahkan ke telapak tangan, jari begitu sakit dan ketika menekuk tidak bisa kembali. ’’Paling sering terjadi pada ibu jari, jari kedua, dan jari kelima,’’ jelas dr Stephanus.

Sebagaimana diketahui, masing-masing jari-jari kita digerakkan otot tendon. Otot itu tidak mencuat dan menempel sesuai dengan fungsinya. Sebab, terdapat pulley atau selubung pengikat tendon.

’’Saat bergesekan terus, lama-lama tendonnya bisa bengkak sehingga kecantol pulley,’’ jelas dokter ortopedi yang bertugas di RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya tersebut.

Insiden itu paling sering terjadi pada jari manis dan ibu jari karena pulley-nya cukup kecil. Pengobatannya, jika tidak mempan dengan obat-obatan dan suntik, terpaksa dibedah. ’’Selubungnya tadi dilepaskan. Nah, bisa lancar lagi,’’ katanya.

BANYAK sekali istilah bermunculan untuk menjuluki berbagai gangguan kesehatan maupun kejiwaan yang berkaitan dengan gadget. Sebut saja BlackBerry

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News