Ini Wilayah yang Terkena Semburan Material Vulkanik Merapi

Ini Wilayah yang Terkena Semburan Material Vulkanik Merapi
Warga Sidorejo, Deles, Klaten, Jawa Tengah, pulang ke rumah mereka usai mengungsi akibat letupan Gunung Merapi, Kamis (27/3). Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja/JPNN.Com

jpnn.com - SLEMAN -- Kamis (27/3), sekitar pukul 17.05 kemarin, puncak Gunung Merapi kembali mengeluarkan material vulkanik. Akibat semburan material vulkanik itu, terjadi hujan abu, pasir, dan kerikil dengan intensitas ringan.

Hujan material Merapi itu menerpa kawasan rawan bencana (KRB) di wilayah Cangkringan. Yakni, Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen (Desa Glagaharjo), sebagian Desa Kepuharjo, Argomulyo, dan Wukirsari, serta Balerante (Klaten). Sejumlah warga yang panik segera mengungsikan diri ke balai desa setempat.

Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto menuturkan, saat hujan abu, hanya lansia, ibu-ibu, dan anak-anak balita yang diungsikan ke balai desa.

Sementara warga pria dewasa bersiaga di titik-titik kumpul. Setelah hujan abu mereda, masyarakat kembali ke rumah masing-masing.

"Suara gemuruh juga disertai hujan abu dan pasir di sekitar gunung," kata Lasiman Pecut, seorang petugas pengamatan Gunung Merapi di Pos Kaliurang. (yog/mar/abd)

SLEMAN -- Kamis (27/3), sekitar pukul 17.05 kemarin, puncak Gunung Merapi kembali mengeluarkan material vulkanik. Akibat semburan material vulkanik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News