Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Seseorang Berhalusinasi

Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Seseorang Berhalusinasi
Ini yang Terjadi Pada Otak Ketika Seseorang Berhalusinasi

Ada suara-suara di kepala Anda? melihat hal-hal yang sebenarnya tak ada? Anda tak harus mengalami skizofrenia atau mengonsumsi tablet LSD untuk mengalami halusinasi, dan itu tak selalu menakutkan.

Halusinasi sebenarnya cukup umum.

"Ternyata, banyak orang dengan fungsi normal sehari-hari, terkadang, mengalami apa yang secara teknis disebut halusinasi," kata Profesor John McGrath dari Institut Otak Queensland.

Profesor John, baru-baru ini, menemukan bahwa hampir 1 dari 20 orang –yang ketika sepenuhnya terjaga -mendengar atau melihat hal-hal yang tak didengar atau dilihat orang lain.

Jadi apa sebenarnya halusinasi? Ini adalah "persepsi yang salah" dari realitas dan itu bisa terjadi pada berbagai macam indera, tetapi yang paling umum adalah halusinasi visual dan auditori, kata Profesor John.

Biasanya, otak kita begitu bagus dalam membedakan antara suara atau gambar yang terjadi di dunia luar, dan yang hanya terjadi di pikiran kita. Tapi kadang-kadang, sesuatu bisa saja salah.

Salah satu teori utama menyebut bahwa halusinasi disebabkan ketika sesuatu berjalan salah dalam hubungan antara lobus frontal otak dengan korteks sensorik, jelas psikolog syaraf, Profesor Flavie Waters dari Universitas Australia Barat.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa halusinasi pendengaran yang dialami oleh orang-orang dengan skizofrenia melibatkan korteks pendengaran yang terlalu aktif, bagian dari otak yang memproses suara, ungkap Profesor Flavie.

Ada suara-suara di kepala Anda? melihat hal-hal yang sebenarnya tak ada? Anda tak harus mengalami skizofrenia atau mengonsumsi tablet LSD untuk mengalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News