Inilah Para Politisi Beken yang Tumbang

Inilah Para Politisi Beken yang Tumbang
Inilah Para Politisi Beken yang Tumbang

jpnn.com - BANDUNG--Sejumlah politisi ternama asal daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat diperkirakan tidak akan lolos ke Senayan. Dari penghitungan wartawan berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional dapil Jabar yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, 22-24 April.

Sejumlah calon legislator senior  kalah bersaing dengan calon anggota legislatif pendatang baru. Pada dapil I Jabar yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi, terdapat nama seperti mantan Walikota Cimahi Itoch Tochija (38.517 suara), Fungsionaris DPP Golkar, Happy Bone (24.049 suara), dan Anggota DPR RI periode 2009-2014 Arif Minardi (21.639 suara) yang gagal dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Di dapil yang memiliki jatah tujuh kursi DPR RI itu, mereka kalah bersaing dengan pendatang baru seperti Junico BP Siahaan asal PDIP (64.980 suara), Sodik Mujahid dari Partai Gerindra (41.801 suara), dan Arief Suditomo asal Partai Hanura (24.649 suara).

Selain legislator pendatang baru, di dapil 1 Jabar ini terdapat juga politisi petahana yang diprediksi akan kembali dilantik menjadi wakil rakyat lima tahun ke depan. Mereka ialah Ledia Hanifa (PKS, 30.179 suara), Ketut Sustiawan (PDIP, 32.234 suara), Popong  Otje Djundjunan (Golkar, 26.090 suara), dan Agung Budi Santoso (Demokrat, 18.487 suara).

Di dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, dua caleg petahana diprediksi akan tumbang, yakni Ajeng Ratna Suminar, dan Roestanto Wahidi yang keduanya berasal dari Partai Demokrat.

Di dapil yang dinilai ketat itu, kedua politisi asal partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ini kalah bersaing dengan Cucun Ahmad Syamsul Rijal (PKB), Mamur Hasanudin (PKS), Yadi Sri Mulyadi dan Jalaludin Rakhmat (PDIP), Agus Gumiwang dan Lili Asyudiredja (Golkar), Rachel Maryam (Gerindra), Ahmad Najib (PAN), Dadang Rusdiana (Hanura), dan Dede Yusuf (Demokrat) yang diprediksi akan lolos ke Senayan.

Di dapil lain, terdapat juga caleg petahana yang diprediksi tidak akan lolos ke gedung kura-kura itu, yakni Inggrid Kansil (Demokrat, dapil Jabar IV), Arief Budimanta (PDIP, dapil Jabar III), Max Sopacua (Demokrat, dapil Jabar V), Nurul Arifin (Golkar, dapil Jabar VII), Tetti Kadi (Golkar, dapil Jabar VIII), dan Didi Irawadi Syamsudin (Demokrat, dapil Jabar XI).

Selain itu, mantan Menteri Kehutanan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid I, MS Kaban, dan mantan Sekretaris Jenderal DPR RI Nining Indra Shaleh pun diprediksi gagal ke Senayan.

BANDUNG--Sejumlah politisi ternama asal daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat diperkirakan tidak akan lolos ke Senayan. Dari penghitungan wartawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News