INSA Turut Sukseskan Vaksinasi Bagi Pelaut

INSA Turut Sukseskan Vaksinasi Bagi Pelaut
Vaksinasi bagi para pelaut. (Ilustrasi) Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) terus mendorong program vaksinasi pelaut di pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, sejak awal terjadinya pandemi Covid-19, pihaknya menaruh perhatian serius terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja, khususnya para pelaut di atas kapal.

Sejak dimulai vaksinasi, DPP INSA mengusulkan agar pelaut menjadi kelompok pekerja yang mendapat prioritas penerima vaksin.

Hal ini mengingat, pelaut berada di garda depan dalam kelancaran logistik nasional.

“Karena memang peran pelaut ini sangat besar. Kami sejak awal menaruh perhatian serius terhadap keselamatan mereka dan berusaha agar pelaut ini bisa mendapatkan vaksin secepatnya di seluruh Indonesia,” kata Carmelita, Rabu (14/7).

Terpisah, Ketua SDM Bidang Pelaut DPP INSA Capt. Johan Novitrian mengatakan, sejak Maret 2020, DPP INSA selalu mengingatkan mengenai bahaya virus Covid-19 dan perlunya penanganan yang tepat dalam kegiatan kerja di perusahaan pelayaran serta pengoperasian kapal-kapal anggota INSA.

DPP INSA juga mengingatkan pentingnya memastikan apakah asuransi kesehatan terkait dengan industri pelayaran sudah dimiliki oleh perusahaan anggota INSA dan tersedia demi memberi perlindungan terhadap pekerja pelayaran, pelaut dan juga untuk kapal.

INSA juga kerap mengirimkan surat terkait permintaan vaksinasi bagi pelaut. Hingga Kemenhub bersama DPP INSA menggelar rapat pada Mei 2021.

Sejak dimulai vaksinasi, DPP INSA mengusulkan agar pelaut menjadi kelompok pekerja yang mendapat prioritas penerima vaksin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News