Intelijen Australia Amankan Dokumen Rahasia di ABC

Intelijen Australia Amankan Dokumen Rahasia di ABC
Intelijen Australia Amankan Dokumen Rahasia di ABC

Para petugas badan intelijen Australia ASIO berhasil mengamankan ribuan dokumen rahasia Kabinet Pemerintahan yang diperoleh ABC, dalam operasi Kamis (1/2/2018) dinihari di Canberra dan Brisbane.

Petugas membawa brankas ke kantor biro ABC di gedung Parliament House di Canberra dan studio South Bank di Brisbane sekitar pukul 1:00 pagi, beberapa jam setelah terungkapnya pelanggaran keamanan nasional.

ABC masih memiliki akses dokumen-dokumen tersebut, yang sekarang disimpan di brankas, dan negosiasi masih dilakukan antara pengacara ABC dan kantor Departemen Perdana Menteri dan Kabinet (PM & C).

Pagi ini, mantan perdana menteri Kevin Rudd mengumumkan akan mengambil tindakan hukum terhadap ABC atas liputannya mengenai The Cabinet Files.

ABC mengungkapkan bahwa Rudd mendapatkan peringatan tentang "risiko kritis" dalam proyek pemasangan insulasi perumahan yang diadakan oleh pemerintahnya beberapa tahun silam.

Departemen PM & C langsung menggelar penyelidikan pada hari Rabu, setelah terungkap banyaknya dokumen yang ditemukan dalam dua lemari arsip terkunci yang dibongkar ke depot perabot bekas di Canberra.

Penyelidikan itu menyelidiki bagaimana pelanggaran besar tersebut terjadi, dalam waktu satu jam setelah ABC mengungkapkan adanya dokumen-dokumen tersebut.

Namun ABC mendapatkan informasi bahwa Kepolisian Federal Australia (AFP) belum bergabung dalam penyelidikan tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News