IPW Desak Polisi Jerat Tersangka Obor Rakyat dengan Pasal Berlapis

IPW Desak Polisi Jerat Tersangka Obor Rakyat dengan Pasal Berlapis
IPW Desak Polisi Jerat Tersangka Obor Rakyat dengan Pasal Berlapis

jpnn.com - JAKARTA -- Indonesia Police Watch berharap Mabes Polri tidak ragu dalam menangani kasus tabloid Obor Rakyat.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane menilai, keraguan itu terlihat dari sikap Polri yang hanya mengenakan Pasal 8 Undang-undang Pers kepada kedua tersangka kasus Obor Rakyat,  yakni Pemimpin Redaksi Setyardi Budiono dan penulisnya, Darmawan Sepriyosa.

IPW menilai jika hanya mengenakan Pasal 8 UU Pers, Polri terlihat hanya sekadar memuaskan tuntut publik dan tidak ada keseriusan menuntaskan kasus Obor Rakyat secara profesional.

"Meski demikian,  IPW memberi apresiasi pada Polri yang sudah menetapkan adanya dua tersangka dalam kasus Obor Rakyat," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane, Jumat (4/7).

Dia berharap Polri menerapkan pasal berlapis terhadap kedua tersangka. Yakni menjerat keduanya dengan Pasal 310-311 KUHP, Pasal 156-157 KUHP dan Pasal 214 UU 42/2008 tentang Pemilihan Presiden. "Sehingga keduanya bisa segera ditahan," kata Neta.

Dengan sudah ditetapkannya dua tersangka, IPW mendesak Polri segera melakukan penyitaan terhadap peralatan kerja, kantor, percetakan, dan lainnya serta memasang police line agar barang bukti tidak hilang atau dirusak.

Dalam menuntaskan kasus Obor Rakyat, Polri juga harus memeriksa semua personil yang terlibat, mulai dari redaksi, desainer, pracetak, percetakan, dan lain-lain. "Terutama pihak yang membiayai tabloid tersebut," tegasnya. (boy/jpnn)

 


JAKARTA -- Indonesia Police Watch berharap Mabes Polri tidak ragu dalam menangani kasus tabloid Obor Rakyat. Ketua Presidium IPW Neta S Pane menilai,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News