Irwan Demokrat: Kebijakan Kehutanan Harus Komprehensif Guna Mengatasi Deforestasi & Perubahan Iklim

Irwan Demokrat: Kebijakan Kehutanan Harus Komprehensif Guna Mengatasi Deforestasi & Perubahan Iklim
Jubir Partai Demokrat Irwan Fecho. Foto: source for JPNN

jpnn.com - Juru Bicara DPP Partai Demokrat Irwan mengatakan kebijakan kehutanan Indonesia ke depan harus komprehensif guna mengatasi deforestasi hingga perubahan iklim.

Hal itu disampaikan politikus yang beken disapa dengan Irwan Fecho, berkaca pada implementasi kebijakan kehutanan secara umum.

"Saya melihat secara keseluruhan, kebijakan kehutanan Indonesia saat ini mempunyai cakupan yang ambisius namun sering
kali gagal dalam pelaksanaannya," kata Irwan dalam keterangan di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Menurut Irwan, ada tantangan yang dihadapi pemerintahan ke depan, yaitu menyeimbangkan kepentingan ekonomi dan keberlanjutan hutan melalui kebijakan yang terintegrasi dan didukung dengan baik oleh pemerintah, masyarakat, maupun pelaku usaha.

"Ini merupakan tantangan bagi pemerintahan Pak Prabowo ke depan," kata ketua Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) itu.

Walakin, melihat visi Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam Asta Cita, Irwan optimistis pengelolaan hutan Indonesia ke depan bakal lebih baik.

"Dengan komitmen Pak Prabowo untuk mewujudkan ekonomi hijau dalam Asta Cita beliau, saya meyakini pengelolaan hutan dan kehutanan akan lebih baik dan sukses lagi dari sekarang ini," ujar anggota DPR RI periode 2019-2024 itu.

Penyandang gelar doktor bidang kehutanan dari Universitas Mulawarman itu juga mendukung pemerintahan ke depan mengoptimalkan penegakan hukum, sekaligus memastikan kelanggengan dan perluasan moratorium.

Jubir Partai Demokrat Irwan Fecho menilai kebijakan kehutanan Indonesia ke depan harus komprehensif agar mampu mengatasi deforestasi hingga perubahan iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News