Isu Neolib Hanya Sekedar Stigma

Isu Neolib Hanya Sekedar Stigma
Isu Neolib Hanya Sekedar Stigma
JAKARTA – Isu paham ekonomi neoliberalisme yang masih dijadikan senjata untuk menyerang pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, sebenarnya tidak efektif untuk mempengaruhi massa. Pengamat sosiologi politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito mengatakan, isu neolib hanya menjadi konsumsi kelas menengah, yang jumlahnya masih minoritas di Indonesia.

“Dan kalangan kelas menengah di Indonesia itu belum menjadi kelompok ideologis. Mereka masih sangat praktis, akan memilih capres mana yang menguntungkan mereka. Jadi, isu neolib, neozep, itu tak banyak pengaruhnya,” ujar Arie Sudjito kepada JPNN di Jakarta, Rabu (3/6).

Semakin tidak berpengaruh, lanjut Arie, karena kelas menengah Indonesia juga sudah bisa memilah-milahkan sendiri mana capres-cawapres yang benar-benar neolib, dan mana yang pro ekonomi kerakyatan.

“Mereka tahu kok, semua capres itu berpaham neolib. Megawati saat menjadi presiden pernah menjual Indosat, Jusuf Kalla juga begitu bersemangat menarik investor asing, dia memberi ruang yang lebar kepada pemilik modal. Jadi, kelas menengah tidak akan terseret dengan stigmatisasi neolib ke Boediono,” bebernya.

JAKARTA – Isu paham ekonomi neoliberalisme yang masih dijadikan senjata untuk menyerang pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, sebenarnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News