Jacksen Asah Lini Depan

Jacksen Asah Lini Depan
Boaz Solossa. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Timnas senior terus mematangkan persiapan menjelang laga melawan Kyrgiztan besok (1/11). Lini depan menjadi salah satu fokus Pelatih Jacksen F Tiago untuk diasah dalam uji coba tadi malam.

Meski mengasah serangan, Jacksen menegaskan bahwa persiapan ini sejatinya bukan untuk menghadapi Kyrgiztan. Tapi, seluruh persiapan yang dilakukan untuk menghdapi Tiongkok pada 25 November mendatang.

"Seluruh persiapan kami ini tidak ada hubungannya dengan Kirgyztan, tapi persiapan kami ini untuk Tiongkok," ucapnya usai latihan tadi malam (30/1).

Dengan mengandalkan pola 4-3-2-1 Boaz Solossa dkk dimaksimalkan untuk tak terlalu banyak mengolah bola saat mendapat kesempatan. Tantan dan Samsul Arif bergantian diasah dengan sokongan dari Titus Bonai dan Boaz.
    
"Ini untuk membiasakan diri bekerja sama tak terlalu lama di lini depan," terang pelatih sal Brazil tersebut.

Karena itu, dalam materi latihan tadi malam ada beberapa variasi serangan yang dilakukan oleh pelatih 46 tahun tersebut. Serangan dari sektor sayap dibangun sebagai salah satu variasi sekaligus antisipasi lawan Tiongkok.
    
 Setelah itu, pemain diminta tak berlama-lama menyelesaikan kesempatan dalam serangan frontal yang dibangun dari tengah. Hasilnya, pemain mulai terbiasa untuk mencari celah sempit dan melepaskan tendangan.

Selanjutnya, pemain dimaksimalkan untuk set piece bola mati dari sisi sayap. Serangan ini disiapkan juga untuk mengasah posisi dan gerakan-gerakan pemain dalam membuka ruang. Dari latihan tersebut, Ruben Sanadi dan Hasim Kipuw sering mengambil tendangan bebas tersebut.

Target striker dalam latihan bola mati itu kepada Boaz dan Tibo. Mereka dikondisikan untuk muncul dari belakang di sisi tiang jauh.
       
"Materi ini kami siapkan untuk penyerangan dan pertahanan juga. Karena Tiongkok akan bermain seperti ini," terang dia. (aam/ko)


JAKARTA - Timnas senior terus mematangkan persiapan menjelang laga melawan Kyrgiztan besok (1/11). Lini depan menjadi salah satu fokus Pelatih Jacksen


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News