Jakarta Tujuan Pertama Lawatan PM Malcolm Turnbull

Jakarta Tujuan Pertama Lawatan PM Malcolm Turnbull
Jakarta Tujuan Pertama Lawatan PM Malcolm Turnbull

Dalam lawatan pertamanya ke luar negeri, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, dan PM Australia ini secara keseluruhan akan mengunjungi lima negara dan bertemu 20 pemimpin dunia.

Setelah mengunjungi Indonesia, PM Turnbull akan mengunjungi Jerman, Turki (pertemuan G-20), Filipina (APEC) dan Malaysia (KTT Asia Timur).

Apa saja agenda pertemuannya ?

Jakarta, Indonesia

Mendinginnya hubungan antar kedua negara dalam setahun terakhir akan diakhiri dengan 'kunjungan kerja" PM Turnbull ke Istana Merdeka di Jakarta.

Presiden Joko Widodo terakhir kali bertemu dengan pemimpin Australia adalah ketika menghadiri KTT G-20 di Brisbane tahun lalu dimana Presiden Jokowi bertemu perdana menteri ketika itu Tony Abbott.

Namun kemudian hubungan memburuk setelah Indonesia mengeksekusi napi asing termasuk dua warga Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Sekarang tampaknya PM Turnbull ingin memfokuskan perhatian pada masalah bisnis antar kedua negara.

Australia sedang melakukan dorongan besar untuk memperbesar nilai dagang antar kedua negara yang sekarang ini nilainya $ 12 miliar dan mungkin mencapai perjanjian dagang baru (Kesepakatan Kemitraan Dagang Komprehensif Australia-Indonesia).

Dalam lawatan pertamanya ke luar negeri, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News