Jalan Patra Bertahun-tahun Tergenang

Jalan Patra Bertahun-tahun Tergenang
Jalan Patra Bertahun-tahun Tergenang

jpnn.com - JAKARTA - Genangan berlarut-larut yang terjadi di Jalan Patra Raya, RT07/02, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat disebabkan luapan Kali Sekretaris yang mengitari kawasan tersebut. Sejumlah warga, terutama pelaku usaha mengaku resah. Genangan air setinggi 10-30 cm kerap kali muncul setiap diguyur hujan.

Pemilik warung di sekitar lokasi, Dedy Setiawan mengatakan kondisi genangan itu sudah terjadi lebih dari dua tahun lalu. Itu kerap terjadi tak hanya kondisi hujan deras. "Kalau hujan besar, kali di belakang naik, ya begini banjir. Airnya balik dari kali, " ujarnya ketika ditemui di kios rumahnya.

Kondisi itu, jelas membuat Dedy resah. Karena usaha dagangnya terganggu, dan terpaksa tutup.

"Dagang juga jadi susah, yah kalau genangannya tinggi terpaksa tutup, barang gak bisa diantar, kalau masih rencah sih asal motor bisa lewat, kita tetep buka," keluhnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jakarta Barat, Pamudji mensinyalir genangan air di Patra kerap kali muncul lantaran meningginya volume air di Kali Sekretaris.

Kendati, tersedia dua pompa air Kebon Raya berdaya sedot masing-masing 500 liter/detik yang berada dekat lokasi itu banyaknya saluran penghubung yang masuk ke kali tersebut membuat kali tidak sanggup menahan debit air.

Solusinya, terang Pamudji, kedepan akan ditambah unit pompa di lokasi tersebut. Selain itu, tentunya akan melakukan penataan ulang crossing gorong-gorong saluran air yang menurut analisis Pamudji perlu dilakukan pemotongan. Sehingga beban air tidak seluruhnya bermuara ke kali Sekretaris.

"Tingginya debit air kali Sekretaris ini pengaruhnya cukup tinggi. Kali ini menampung saluran air dari mana-mana, termasuk dari Jalan Arjuna di depan Kampus Esa Unggul yang tersambung gorong-gorong air di bawah tol," ujarnya.

JAKARTA - Genangan berlarut-larut yang terjadi di Jalan Patra Raya, RT07/02, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat disebabkan luapan Kali Sekretaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News