Jam 4 Sore, Presiden Terpilih Sudah Diketahui

Berdasarkan Quick Count Lembaga Survei

Jam 4 Sore, Presiden Terpilih Sudah Diketahui
Jam 4 Sore, Presiden Terpilih Sudah Diketahui
JAKARTA - Sejumlah lembaga survei sudah menyebar ribuan relawan ke seluruh daerah di Tanah Air untuk melakukan hitung cepat (quick count) Pilpres 2009. Janjinya sekitar pukul 16.00 Wib, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih sudah bisa diketahui.

Beragam metode pun yang diterapkan baik berdasarkan laporan relawan yang ikut menghitung di TPS (tempat pemungutan suara), melakukan exitpoll (mewawancara pemilih yang baru saja keluar dari bilik suara), ataupun survei via telepon (telepolling).

Lembaga-lembaga survei itu antara lain, LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial), Lembaga Survei Indonesia (LSI) 1 versi pimpinan Saiful Mujani, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) 2 versi pimpinan Denny JA PhD, Cirus, Puskaptis, dan Johans Polling. “Besok, jam empat sore sudah ada hasilnya, sudah ketahuan presiden terpilih, itu versi quick count (perhitungan cepat),” kata Direktur LP3ES, Suhardi kepada JPNN, Selasa malam (7/7).

Dia menceritakan, metode yang dipakai dalam quick count itu ialah menyebar 2.000 relawan untuk 2.000 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia. “Tim kami menghitung langsung di TPS, bahkan menjumlahkan data yang sudah ditandatangani di TPS,” ujarnya.

JAKARTA - Sejumlah lembaga survei sudah menyebar ribuan relawan ke seluruh daerah di Tanah Air untuk melakukan hitung cepat (quick count) Pilpres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News