Jambore Futsal Anak Banjir Peserta

Jambore Futsal Anak Banjir Peserta
Peserta jambore futsal anak. Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA – Jambore Futsal Anak mendapatkan sambutan hangat. Sebanyak 240 anak memeriahkan agenda yang digelar di Kampus B Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta kemarin.

Agenda itu merupakan event rutin yang digelar sejak beberapa tahun lalu. Kali ini, event yang digagas Garuda Baru tersebut mengusung tema Futsal for Respect. Liga Mahasiswa (LIMA) turut mendukung acara itu.

JFA diadakan karena pengalaman Indonesil bagian dalam Street Child World Cup (SCWC) di Brazil 2014 lalu. Event tersebut juga merupakan wahana pemenuhan hak anak termarjinalkan.

“Melalui pengalaman tersebut, kami sadar bahwa diperlukan sebuah program yang berkelanjutan untuk memberdayakan anak-anak marjinal, termasuk pembinaan melalui olahraga futsal,” terang kata Mahir Bayasut, Inisiator Garuda Baru.

Acara itu diikuti lebih dari 250 peserta yang berasal dari 20 lembaga pegiat sosial. Mereka berusia 10-16 tahun yang diambil dari 16 komunitas/lembaga di area Jabodetabek.

Rangkaian acara terdiri dari tiga bagian utama. Salah satunya ialah coaching clinic untuk memberikan pelatihan teknik dasar futsal. Anak-anak didampingi para pelatih yang berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ.

Selain melakukan pembinaan dari sisi olahraga, kegiatan ini juga turut menyelipkan pengembangan kemampuan dasar di bidang lainnya. Kegiatan tersebut dikemas kegiatan edukasi keterampilan sosial yang diasosiasikan dengan permainan futsal dan tema yang diangkat.

“Acara ini bertujuan untuk memberikan alternatif pendekatan baru bagi komunitas dan lembaga sosial dalam melakukan pembinaan terhadap anak marjinal. Selain itu kami ingin menyampaikan pesan untuk mengajak masyarakat luas untuk menghargai dan mendukung pemenuhan hak anak, serta berperan aktif menciptakan lingkungan yang aman, tanpa kekerasan terutama untuk anak-anak marjinal,” tambah Jessica Hutting, Ketua Garuda Baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News