Jamin Pasokan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

Jamin Pasokan Listrik Natal-Tahun Baru Aman
Jamin Pasokan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

DEPOK - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo memastikan pasokan listrik jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, aman. Hal itu dikatakannya setelah melakukan peninjauan ke kantor induk PLN Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (P3B) Jawa Bali di Cinere, Senin (23/12).
 
"Pasokan listrik untuk keperluan masyarakat dalam menyambut perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 cukup aman. PLN sudah siap menyediakan kebutuhan listrik bagi masyarakat Indonesia maupun industri," ucap Susilo usai meninjau lokasi.

Dijelaskan, kondisi penyediaan tenaga listrik secara nasional pada periode H-3 Natal 2013 sampai H+7 Tahun Baru 2014 sangat cukup. Di mana rata-rata daya mampu pembangkit sebesar 31.868 MW dengan beban puncak sebesar 27.532 MW, sehingga masih terdapat cadangan operasi sebesar 4.336 MW.
 
"Kebutuhan listrik saat Natal dan Tahun Baru lebih rendah dari hari-hari biasa. Di Jawa Bali, beban puncaknya pun turun dari sekitar 22 ribu MW menjadi 19 ribu MW. Di samping itu, personelnya juga sangat siap. PLN lebih banyak memakai tenaga anak-anak muda sehingga kerjanya lebih cepat dan lebih gesit," papar dia.

Kalaupun nanti terjadi pemadaman listrik, Susilo katakan bahwa PLN sudah siap untuk mengantisipasi. "Sebenarnya listrik itu bisa kapan saja jebret, tapi PLN sigap, PLN pun telah menyiapkan pula antisipasinya," terang dia.

Terakhir, dia meminta kerjasama masyarakat agar menggunakan listrik dengan bijak dan seperlunya saja.

"Mari kita hemat listrik. Dengan kita hemat listrik maka otomatis rekening listrik kita akan turun dan juga membantu pemerintah mengurangi penggunaan BBM karena sebagian pembangkit listrik masih dioperasikan dengan BBM," sautnya. (chi/jpnn)


DEPOK - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo memastikan pasokan listrik jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, aman.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News