Jangan Terlalu Reaktif Sikapi Malaysia

Jangan Terlalu Reaktif Sikapi Malaysia
Jangan Terlalu Reaktif Sikapi Malaysia
JAKARTA - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban minta semua kader PBB tidak perlu berlebihan dalam menyikapi berbagai keputusan yang dilakukan oleh pihak warga negara dan pemerintahan Malaysia yang mematenkan berbagai produk industri kreatif di negaranya.

"Saya mengajak semua kader PBB jangan berlebihan menyikapi proses mematenkan berbagai produk industri kreatif negara Malaysia tanpa terlebih dahulu mengetahui substansi yang dipatenkan," pinta MS Kaban, saat buka puasa bersama di kediaman dinas Menteri Kehutanan, kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (10/9).

Soal mematenkan batik misalnya, betapa kita ini begitu reaktif menyikapinya sementara yang mereka patenkan itu hanya sebuah proses pewarnaan di kain batik. Bukan batiknya. Demikian juga dengan Reog Ponorogo sebab kesenian itu ternyata telah ada semenjak nenek moyang mereka yang berasal dari Jawa secara terus-menerus menjaga kesenian Reog Ponorogo itu.

Beda halnya dengan Ambalat yang di klaim Malaysia srbagai bagian dari wilayah negaranya. "Sejengkalpun kita tidak boleh mundur karena ini menyangkut kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

JAKARTA - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban minta semua kader PBB tidak perlu berlebihan dalam menyikapi berbagai keputusan yang dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News