Jelang Pilpres, MUI Terbitkan Surat Edaran

Jelang Pilpres, MUI Terbitkan Surat Edaran
Jelang Pilpres, MUI Terbitkan Surat Edaran
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tertanggal 20 Mei 2009 yang ditujukan kepada seluruh MUI di daerah, masyarakat, juga kepada para pasangan capres-cawapres. SE itu lebih semacam panduan bagi para ulama dan tokoh agama menjelang pilpres. Ada empat poin penting di SE yang diteken Ketum MUI KH Sahal Mahfud dan Sekretaris Umum (Sekum) MUI Ichwan Syam itu.

Pertama, dijelaskan bahwa pilpres merupakan perhelatan nasional yang sangat penting untuk memilih pemimpin negara. Para ulama diharapkan ikut berpartisipasi dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat agar memilih pemimpin yang punya kemampuan, jujur, cakap, amanah terhadap janji-janjinya, dan memiliki track record leadership yang baik.

"Kedua, para calon beserta tim suksesnya jangan menebar janji-janji yang tidak proporsional atau yang muluk-muluk sekedar untuk mendapatkan daya tarik," terang Ichwan Syam kepada JPNN di Jakarta, Kamis (21/5).

Ketiga, masyarakat diharapkan untuk bisa secara bebas menggunakan hak pilihnya, tanpa terlibat pada ajakan-ajakan yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat.

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tertanggal 20 Mei 2009 yang ditujukan kepada seluruh MUI di daerah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News