Jika Pandangan Terasa Berkabut, Jangan Tunda Periksa Mata

Jika Pandangan Terasa Berkabut, Jangan Tunda Periksa Mata
Arsip foto - Warga menjalani pemeriksaan katarak di acara bakti sosial dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara di RCC, Lumajang, Jatim, Rabu (26/6/2024). Foto: ANTARA/Irfan Sumanjaya/nym

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat perlu meningkatkan kesadaran untuk memeriksakan matanya agar bisa mencegah meningkatnya angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Demikian dikatakan dokter spesialis mata lulusan Universitas Hasanuddin Dr. Ahmad Ashraf Amalius, MPH, M.Kes, SpM(K).

“Alasannya dia tidak menyadari karena kekeruhan terjadi perlahan-lahan jadi tidak menyadari perubahan penglihatan, beda kalau penglihatan jadi kabur tiba-tiba,” kata Ahmad yang hadir secara daring dalam diskusi tentang Bulan Kesadaran Katarak, di Jakarta, Kamis (27/6).

Dokter Ahmad Ashraf mengatakan masyarakat harus menyadari perubahan yang terjadi pada penglihatannya seperti pandangan terasa berkabut, ada bayangan lingkaran atau pandangan menjadi keruh.

Banyak juga yang tidak menyadari bahwa kondisi tersebut bukanlah hal yang normal dan sering kali menunda berobat karena dirasa masih bisa melakukan aktivitas.

Selain itu, Ahmad mengatakan masyarakat juga masih memiliki rasa takut untuk melakukan operasi katarak karena ada anggapan atau mitos yang beredar di lingkungannya serta masalah biaya dan jarak terhadap akses kesehatan yang terbatas.

“Banyak yang keliru pada anggapan kebutaan karena katarak merupakan proses alami yang tidak dapat lagi ditangani sehingga lebih pasrah, padahal ini adalah suatu kondisi yang bisa ditangani dengan operasi,” kata dokter yang juga Ketua Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

Dokter Ahmad mengatakan operasi katarak merupakan solusi yang sangat dianjurkan bagi penderita katarak mulai dari stadium awal atau katarak lunak sampai katarak yang sudah mengeras.

Dokter spesialis mata Ahmad Ashraf Amalius mengingatkan masyarakat agar tidak menyepelekan ketika pandangan terasa berkabut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News