JK Akui Golkar Kehilangan Sumber Duit

JK Akui Golkar Kehilangan Sumber Duit
JK Akui Golkar Kehilangan Sumber Duit
JAKARTA - Meski menyandang eksistensi sebagai partai besar dan berpengalaman, soal dana Golkar juga ketar-ketir menghadapi pemilu legislatif. Pasalnya, partai yang berkuasa selama 44 tahun ini kehilangan beberapa sumber dana untuk pemilu.

Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla mengakui, sedikitnya terdapat tiga hal yang menyebabkan hilangnya pundi-pundi bagi Golkar. Yang pertama, Golkar tidak lagi mendapat suntikan dana dari setoran perebutan nomor urut caleg. "Padahal sebelumnya perebutan nomor urut caleg ini cukup memberikan sumbangsing finansial yang signifikan," ujar JK di Kantor DPP Golkar Slipi, Jakarta, Rabu (18/2) malam.

Sumber dana yang tak mungkin lagi dimanfaatkan adalah dana non-budgeter di pemerintahan. "Dulu masih ada namanya dana non-budgeter di instansi pemerintah yang kerap disalahgunakan sehingga masuk ke Golkar. Tetapi sekarang tidak ada lagi. Saya tidak mau ada simpatisan Golkar yang melanggar dan masuk penjara gara-gara dana non-budgeter," tambah JK lagi.

Adapun penyebab ketiga hilangnya pundi-pundi Golkar adalah krisis Global. Menurut JK, kader Golkar yang menjadi pengusaha kerap memberikan bantuan, kini tak semudah dulu dalam memberikan dana. "Kondisi ini dialami semua pihak," ucapnya.

JAKARTA - Meski menyandang eksistensi sebagai partai besar dan berpengalaman, soal dana Golkar juga ketar-ketir menghadapi pemilu legislatif. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News