JK-Win Paling Siap Seimbangkan Ekonomi Jawa-Luar Jawa

JK-Win Paling Siap Seimbangkan Ekonomi Jawa-Luar Jawa
JK-Win Paling Siap Seimbangkan Ekonomi Jawa-Luar Jawa
JAKARTA - Harapan terwujudnya keseimbangan pembangunan, khususnya di bidang ekonomi, antara Jawa dan Luar Jawa dititipkan di masing-masing pundak capres-cawapres yang akan bertarung pada pilpres Juli mendatang. Pasalnya, jika ketimpangan tersebut tidak segera dibenahi, berpotensi menjadi penyakit ekonomi, sosial, dan politik serta menjadi ancaman disintegrasi bangsa.

Dari tiga pasangan yang ada, JK-Wiranto adalah pasangan yang dinilai paling siap mewujudkan pemerataan distribusi material dan keuangan nasional pada pemerintahan mendatang. "Yang terlihat, duet JK-Wiranto memiliki peluang mewujudkan harapan itu dibanding 2 pasangan capres-cawapres lainnya. Ini pendapat saya pribadi yah," tegas staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, Dr Erani Yustika MA, Minggu (24/5).

Penilaian ini berpatokan pada kiprah JK selama berada di pemerintahan baik saat masih menjabat Menko Kesra maupun Wapres. Lima tahun memegang posisi wapres, JK sudah membuktikan akselerasi pembangunan bidang ekonomi, baik di sektor riil, infrastruktur, pertanian, perkebunan, energi, dan lainnya, tidak lagi melulu berpusat di Jawa. Tapi juga di luar Jawa dengan perkembangan dan pertumbuhan positif. "Peran dan daya dobrak yang dilakukan Pak JK ini tentu sudah dilihat langsung dan tidak bisa dinafikan," terang Erani.

Beberapa bukti yang disebutkan di antaranya pembangunan bandar udara Hasanuddin Makassar, pembangunan pelabuhan laut di Kalimantan Tengah, eksploitasi migas di Papua, dan lainnya. Di Sulawesi Selatan juga dibangun kawasan industri dan pelabuhan laut untuk mendorong percepatan pertumbuhan sektor ekonomi di Indonesia timur.

JAKARTA - Harapan terwujudnya keseimbangan pembangunan, khususnya di bidang ekonomi, antara Jawa dan Luar Jawa dititipkan di masing-masing pundak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News