Jokowi Ingatkan Jabar dan Banten Pertahankan Area Resapan

Jokowi Ingatkan Jabar dan Banten Pertahankan Area Resapan
Jokowi Ingatkan Jabar dan Banten Pertahankan Area Resapan
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menyatakan bahwa penanganan banjir bukan hanya tanggung jawabnya. Daerah penyangga seperti Bogor, Depok (Jawa Barat) dan Tangerang (Banten) juga memiliki peran yang sama besarnya dalam mencegah ibu kota terendam.

"Di Jakarta, 13 sungai dinormalisasi, waduk dikeruk, drainase dikerjakan butuh waktu. Tapi kalau di hulu nggak ada perubahan, ya sama saja," ujar Jokowi di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, Kamis (8/2).

Menurut Jokowi, wilayah penyangga yang menjadi hulu dari sungai-sungai ibu kota harus memiliki banyak area resapan air. Hal ini untuk mencegah debit air sungai meluap saat musim penghujan.

Namun, seperti juga di Jakarta, pembangunan telah menggerus area resapan di wilayah-wilayah tersebut. Untuk upaya perbaikan, Jokowi terus menjalin komunikasi intensif dengan para kepala daerah penyangga.

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menyatakan bahwa penanganan banjir bukan hanya tanggung jawabnya. Daerah penyangga seperti Bogor, Depok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News