Jokowi-JK Lagi-lagi Unggul di Sosial Media

Jokowi-JK Lagi-lagi Unggul di Sosial Media
Jokowi-JK Lagi-lagi Unggul di Sosial Media

jpnn.com - JAKARTA - Hasil elektabilitas pemilu presiden tidak lagi berdasar survei tatap muka dan wawancara dengan responden, namun perbincangan di sosial media pun sudah menjadi acuan akan kemenangan calon presiden serta wakilnya pada 9 Juli mendatang.

Katapedia, selaku lembaga yang konsen dalam melihat dukungan melalui dunia maya ini pun mencatat adanya kemungkinan kemenangan akan diraih oleh pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan hasil tipis atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
    
"Kemenangan Jokowi-JK terlihat dari data 10 hari terakhir, dimana pasangan ini  dibicarakan 770.491 kali berbanding 709.294 untuk Prabowo Hatta Rajasa," kata Deddy Rahma CEO Katapedia Indonesia,di Jakarta, kemarin (4/7).
    
Deddy pun menerangkan bahwa kesimpulan yang dapat diambil dari data tersebut,yakni pendukung Jokowi-JK lebih serius dalam menggunakan social media sebagai media kampanye yang efektif dan efisien. Menurutnya, kemenangan di social media adalah refleksi kemenangan di dunia nyata.
    
Sedangkan gerakan memilih Jokowi lewat hashtag #AkhirnyaMilihJokowi menjadi trending topic dunia artis.  Ikut aktif  meramaikan mulai dari Sherina hingga Sophia Latjuba.
    
Hingga pukul. 10.21 WIB, Jumat kemarin , gerakan tersebut masih masuk dalam 10 besar terpopuler dunia. Para pengguna twitter masih membicarakannya, terutama karena ada sejumlah artis yang baru menyatakan dukungannya.

Para artis tersebut antara lain Acha Septriasa, Ringgo Agus Rahman, Gita Gutawa, Andien, Tika Panggabean, Omesh, Sophia Latjuba, dan Sherina. Mereka punya jutaan followers yang membuat suasana di media sosial itu semakin heboh.
    
"Udah nggak jamannya anak muda apatis sama negara. Yuk! Saya #AkhirnyaMilihJokowi," demikian isi kicauan Sherina di akunnya @sherinnasinna.
    
"Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Pak Prabowo, Pak Hatta, dan pengikutnya #akhirnyamilihjokowi" demikian twit @sophialatjuba. Dia juga memasang foto dengan logo nomor dua di sampingnya.
    
Selain para artis muda yang baru menyuarakan pilihannya, kehebohan di twitter juga muncul setelah Koran Jakarta Post mendeklarasikan diri untuk mengendorse Jokowi. Sikap ini jadi perhatian tersendiri dari para pendukung Jokowi-JK.
    
Lalu, ada juga video '60 detik buat kamu yang masih bingung' yang berisi testimoni dari para selebtwitt hingga artis yang mendukung Jokowi. Mereka pun mengungkapkan alasannya mendukung sang capres nomor 2 ini. (dli)


JAKARTA - Hasil elektabilitas pemilu presiden tidak lagi berdasar survei tatap muka dan wawancara dengan responden, namun perbincangan di sosial


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News