Jokowi Rehab Pasar Tahun Depan

Jokowi Rehab Pasar Tahun Depan
Jokowi Rehab Pasar Tahun Depan
GUBERNUR DKI Jakarta Joko Widodo masih terus mencari formula ideal dalam menata pasar tradisional di Jakarta. Penataan belum bisa dilakukan dalam waktu cepat. Mengingat untuk melakukan rehab ringan, sedang dan berat, masih menunggu penganggaran di APBD DKI. “Perencanaan penataan dan peremajaan pasar dan lokbin sudah ada hanya tinggal menunggu persetujuan dari DPRD DKI Jakarta,” terangnya, Rabu (24/10).

Dia optimistis dapat merampungkan penataan dan peremajaan 153 pasar tradisional dan 20 pasar lokasi binaan (lokbin) yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta. “Saya mau selesaikan peremajaan dan penataan pasar dan lokbin yang sudah tidak layak. Saya optimis semuanya akan selesai dengan baik. Karena pasar sudah menjadi makanan sehari-hari saya. Pasti beres,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, penataan dan peremajaan pasar tradisional beserta pasar lokbin berupa rehab ringan hingga rehab total akan mulai dilakukan tahun depan. “Saya sudah minta PD Pasar Jaya presentasi. Intinya saya meminta, pasar tradisional harus bersih, tertata rapi, ada tempat parkirnya. Pokoknya harus seperti hypermarket lah. Lalu untuk lapak-lapak di lokbin harus gratis, pedagang hanya bayar retribusinya saja,” terangnya.

Jokowi berharap, harga kios di sejumlah pasar tidak lagi memberatkan para pedagang. Seperti di Pasar Senen yang dikunjunginya, harga kios mencapai Rp 115 juta per meter. Para pedagang mengeluh karena tidak mampu membayar. “Bayangin pedagang kecil disuruh bayar sebesar itu. Kasihan sekali,” katanya.

GUBERNUR DKI Jakarta Joko Widodo masih terus mencari formula ideal dalam menata pasar tradisional di Jakarta. Penataan belum bisa dilakukan dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News