Kabar Baik, Kemendikbudristek Lanjutkan Program Bantuan Pemerintah Bagi Komunitas Sastra

Kabar Baik, Kemendikbudristek Lanjutkan Program Bantuan Pemerintah Bagi Komunitas Sastra
Kemendikbudristek melalui Badan Bahasa menggelar pembekalan Calon Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun 2024 yang berlangsung di Jakarta mulai 24-29 Juni 2024. Foto: Dokumentasi Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti menyampaikan kabar baik.

Kemendikbudristek melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) pada tahun ini kembali menyalurkan bantuan pemerintah bidang kebahasaan dan kesastraan.

Sejak 2023, Badan Bahasa telah menginisiasi rintisan penyaluran Bantuan Pemerintah (Banpem) Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra.

Pemberian bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan peran komunitas sastra sebagai pihak pemroduksi karya dan dapat menjadi penggerak sekaligus penguat dalam membangun kesastraan di tengah masyarakat, serta mengembangkan kesastraan dan menyebarluaskan produk karyanya.

Sekjen Suharti menyampaikan salah satu amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah negara harus hadir di masyarakat.

Untuk itu, Kemendikbudristek dengan berbagai programnya berupaya untuk memberikan layanan pendidikan di seluruh wilayah NKRI agar tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai.

"Melalui Badan Bahasa, Kemendikbudristek memiliki program unggulan, yaitu meningkatkan literasi masyarakat yang dilakukan antara lain dengan memberikan Banpem kepada komunitas sastra,” ujar Sekjen Suharti dalam keterangannya, Minggu (30/6).

Sekjen Suharti menyampaikan hal tersebut secara daring dalam pembukaan acara Pembekalan Calon Penerima Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun 2024, Senin (24/6).

Kemendibudristek melanjutkan prgram Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan Bagi Komunitas pada tahun ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News