Kabareskrim Ingatkan Reserse Tak Mencari-cari Kesalahan Orang

Kabareskrim Ingatkan Reserse Tak Mencari-cari Kesalahan Orang
Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Foto: ANTARA/HO-Polri/am

jpnn.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengingatkan seluruh jajarannya bahwa reserse adalah alat negara penegak hukum untuk menciptakan keadilan dan ketertiban di masyarakat.

Komjen Agus menyampaikan pesan itu pada kegiatan Commander Wish Kabareskrim Polri di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/3).

Dalam kesempatan itu Komjen Agus meminta jajarannya siap memprediksi yang akan terjadi di lapangan dan mengambil tindakan secara bijaksana.

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu juga juga memerintahkan jajarannya bertindak profesional dan tidak mencari-cari kesahalan, terutama di masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada banyak sektor kehidupan.

"Jangan sampai inovasi-inovasi masyarakat dimatikan oleh penyidik di wilayah, hindari dan kurangi dulu, jangan sampai masyarakat mendapatkan pendapatan di tengah pandemi itu direcoki,” ujar Komjen Agus dalam keterangannya.

Menurut Agus, reserse harus menjadi bagian yang memberi solusi bagi masyarakat, bukan menjadi beban masyarakat.

“Karena yang diperangi adalah perbuatannya, bukan orangnya. Buat cara bertindak sesuai dengan situasi pandemi Covid-19,” tegas jenderal bintang tiga ini.

Agus juga mengatakan, tujuan penegakan hukum ialah demi terciptanya ketertiban di masyarakat dan bukan sebaliknya. Selain itu, penegakan hukum juga bertujuan menghadirkan rasa keadilan.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyampaikan pesan penting kepada seluruh anggota reserse pada Commander Wish. Dia memnta anak buahnya tidak sengaja mencari kesalahan orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News