Kabinet Zaken Pemerintahan Prabowo, Ujang: di Partai Banyak Ahli

Kabinet Zaken Pemerintahan Prabowo, Ujang: di Partai Banyak Ahli
Pengamat politik Ujang Komarudin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menanggapi langkah Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal membentuk kabinet zaken.

Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menilai positif keinginan Prabowo membentuk kabinet zaken.

Menurut Ujang, kabinet zaken ala Prabowo bisa saja diisi ahli yang juga berkiprah di politik, baik itu di parpol maupun tim sukses pada Pilpres 2024.

"Di partai banyak orang-orang profesional, banyak ahli," kata Ujang saat diwawancara wartawan, Kamis (19/9/2024).

Dia tidak memungkiri bahwa banyak sosok yang merupakan kader parpol pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, punya kapasitas serta kapabilitas di bidangnya.

"Kalau mau membentuk kabinet zaken adalah mengambil orang partai, tetapi orang yang ahli dan profesional. Tim sukses juga begitu, cari orang-orang yang sudah berdarah-darah juga bantu Prabowo-Gibran menang harus diakomodasi juga. Cari orang ahli, paham dan punya kapasitas," tutur Ujang.

Salah satu contoh bidang yang bisa diisi ahli atau profesional adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Cari orang punya latar pendidikan yang pas dan cocok yang nyambung dengan kehutanan dan lingkungan hidup. Harus dicari orang punya pengalaman dan background pendidikan yang sesuai," lanjutnya.

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai Prabowo Subianto yang akan membentuk kabinet zaken bisa pilih ahli di partai jadi menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News