Kader Ansor Cidolog Rian Hidayat Raih Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Pangan Jawa Barat

Kader Ansor Cidolog Rian Hidayat Raih Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Pangan Jawa Barat
Kader Ansor Cidolog Rian Hidayat (kanan) meraih juara 1 lomba Inovasi Teknologi Pangan tingkat Provinsi Jawa Barat. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kader Ansor Cidolog Rian Hidayat meraih juara 1 lomba Inovasi Teknologi Pangan tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ia memperoleh nilai terbaik dari penilaian yang diberikan oleh Aparatur dan Non Aparatur Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat 2024.

“Meraih peringkat 1 pada kategori Lomba Inovasi Teknologi Pangan Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jawa Barat pada Kamis, 11 Juli 2024,” kata Rian secara tertulis, Minggu (21/7).

Rian mengaku menjalankan aktivitas pertanian jagung sudah sejak 2019. Untuk memperoleh hasil dan nilai tambah dari pertanian jagung, Rian menerapkan beragam metode dan strategi.

“Memilih varietas jagung yang cocok dengan kondisi tanah dan iklim di lokasi (Kecamatan Cidolog). Varietas unggul cenderung lebih produktif dan tahan terhadap penyakit,” kata Rian.

Tidak sekadar memilih varietas yang unggul, pengelolaan tanah yang baik juga sangat dibutuhkan. Ia juga melakukan pemupukan yang tepat dan pengelolaan tanah yang baik untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kualitas jagung.

“Pengendalian hama dan penyakit dengan menerapkan metode yang efektif seperti rotasi tanaman, penggunaan pestisida organik, atau metode biologi untuk mengurangi risiko kerugian hasil,” tambahnya.

Seperti pada umumnya, cuaca tak kalah pentingnya berpengaruh bagi kualitas tanaman yang dihasilkan. Maka Rian selalu memastikan irigasi yang cukup tepat waktu untuk mendukung hasil jagung yang optimal.

Kader Ansor Cidolog Rian Hidayat meraih juara 1 lomba Inovasi Teknologi Pangan tingkat Provinsi Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News