Kades Bujang Mengakui Manfaat Besar Pelatihan P3PD, Simak Ceritanya

Kades Bujang Mengakui Manfaat Besar Pelatihan P3PD, Simak Ceritanya
Suasana alam di desa. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan tata kelola pemerintahan di tingkat desa.

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) sudah beberapa kali menggelar pelatihan P3PD yang diikuti para aparatur desa.

Kepala Desa atau Gampong Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Ade Thermiara, mengaku merasakan manfaat yang besar dari kegiatan pelatihan P3PD.

Ade bercerita, setelah ikut pelatihan P3PD akhir 2023 silam, dirinya sudah bisa mengelola sistem keuangan desa dengan baik.

Sebelumnya, selama menjabat sebagai kepala desa, Ade mengaku hanya bisa mengajukan program pembangunan desa melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di akhir tahun saja. Ternyata tidak semua program yang dia ajukan disetujui.

Dampaknya, sebagai kades dirinya jarang bisa menggunakan anggaran dana desa karena dianggap kebijakannya tidak begitu kuat untuk disetujui oleh pemerintah daerah.

“Padahal di rekening itu uang sudah ada,” kata Ade kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Setelah diajari oleh Ditjen Bina Pemdes Kemendagri lewat pelatihan P3PD, Ade mengaku memiliki kemampuan menyusun kebijakan yang efektif agar bisa menggunakan dana desa dengan baik.

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri sudah beberapa kali menggelar pelatihan P3PD yang diikuti para aparatur desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News