Kadin Indonesia Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas

Kadin Indonesia Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM Agar Naik Kelas
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terus mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar bisa naik kelas hingga mampu menembus pasar global. Foto dok. Kadin Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terus mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar bisa naik kelas, hingga mampu menembus pasar global.

Komitmen itu ditunjukkan Kadin Indonesia sejak 2022 melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional yang diadaptasi dalam program WikiWirausaha dan WikiExport.

UMKM perlu terus diberdayakan karena merupakan fondasi dan basis perekonomian nasional. UMKM Indonesia berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB Indonesia dan menyerap 97% dari total tenaga kerja.

“Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu fokus utama Kadin. Ketika Indonesia dilanda pandemi Covid-19, UMKM terbukti mampu menopang perekonomian kita," kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dalam keterangan resminya, Sabtu (29/6).

Upaya itu dilakukan melalui berbagai cara, seperti pelatihan, pendampingan, pembukaan akses modal, maupun akses pasar. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital juga menjadi perhatian utama.

Lebih lanjut dikatakan WikiWirausaha adalah sebuah platform sebagai direktori bagi stakeholder mulai dari pelaku UMKM, perusahaan besar, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk berkoneksi dan mendukung UMKM naik kelas.

Melalui wikiwirausaha.id, pelaku UMKM yang tergabung akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan, hingga akses permodalan sekaligus membangun jejaring. 

"Hingga saat ini, tercatat lebih dari 600 UMKM yang telah mendapatkan pelatihan melalui platform wikiwirausaha.id," terangnya.

Kadin Indonesia gencar mendorong peningkatan kapasitas UMKM agar naik kelasmenembus pasar global

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News