KADIN Nilai Proyek Jalur Sutera China Menguntungkan Indonesia

KADIN Nilai Proyek Jalur Sutera China Menguntungkan Indonesia
Ketum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani. Foto: ANTARA/HO-Kadin Indonesia/pri.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani, mengatakan Indonesia diuntungkan dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative/BRI) yang digagas China karena dapat menghubungkan satu negara ke negara lain di sepanjang jalur BRI.

"Terlepas dari kesulitan dan tantangan yang dihadapi ekonomi global saat ini, China sedang menjalankan Inisiatif Sabuk dan Jalan untuk lebih membuka ekonominya ke seluruh dunia. Indonesia diuntungkan dari inisiatif itu," ujar Rosan P. Roeslani dalam webinar “Peluang Investasi di China Pakistan Economic Corridor (CPEC)” di Jakarta, Kamis.

Selama empat tahun terakhir, lanjut dia, Kadin telah menyaksikan bahwa rencana ini bergerak cepat dari konsepsi ke operasi dengan menghubungkan Sabuk Ekonomi Jalur Sutra bersama dengan Jalur Sutra Maritim melalui jaringan logistik dan transportasi yang luas yang menghubungkan satu negara ke negara lain di sepanjang jalur Sabuk dan Jalan.

Kemajuan nyata lainnya, lanjut Rosan, adalah platform pembiayaan multilateral dengan pendirian Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), Bank Pembangunan Baru dan Dana Jalan Sutra, untuk mendukung usaha dan proyek geo-ekonomi.

Perlu dicatat, ujar dia, bahwa China bersedia menghubungkan BRI dengan strategi pembangunan Indonesia.

"Kami berpandangan bahwa Indonesia dan China memiliki kepentingan yang sama, khususnya dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, yang juga menjadi kepentingan banyak negara lain di kawasan, termasuk Pakistan," kata dia

Karena pembangunan infrastruktur di Indonesia akan menciptakan konektivitas antarnegara yang akan saling menguntungkan.

Manfaat BRI pada akhirnya, ujar Rosan, akan memanfaatkan peluang untuk kerja sama, akses ke sumber daya baru, pasar, konsumen dan layanan dan bertindak sebagai katalisator untuk peluang komersial.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani, mengatakan Indonesia diuntungkan dari proyek China ini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News