KAI Logistik Perkuat Konektivitas Layanan

KAI Logistik Perkuat Konektivitas Layanan
Kurir KAI Logistik (Ilustrasi). Foto dok KAI Logistik

jpnn.com, JAKARTA - KAI Logistik, anak usaha KAI, terus memantapkan posisinya di industri logistik tanah air.

Salah satunya dengan mengedepankan kemudahan logistik terpadu melalui konektivitas layanan yang akan memberikan kemudahan dan kenyamanan pelaku usaha dalam rantai pasok logistik.

“Melalui segmen KALOG Plus khususnya KA kontainer, KAI Logistik hadir di kawasan strategis termasuk lokasi yang berdekatan dengan pelabuhan, dengan demikian pelaku usaha dapat dengan mudah melakukan pengiriman/distribusi logistik multimoda termasuk untuk logistik ekspor/impor," ujar Direktur Utama KAI Logistik, Fredi Firmansyah.

Sebagai upaya strategi penguatan konektivitas ini, hingga saat ini KAI Logistik telah berhasil menghubungkan layanan kereta api ke sejumlah kawasan strategis seperti pelabuhan di Pulau Jawa, di antaranya:

  • Jakarta International Container Terminal (JICT) ke Pelabuhan Tanjung Priok
  • Stasiun Sungai Lagoa ke Pelabuhan Tanjung Priok
  • Stasiun Ronggowarsito ke Pelabuhan Tanjung Mas
  • Stasiun Kalimas ke Pelabuhan Tanjung Perak

Selain ke pelabuhan, lokasi strategis lainnya yang terhubung dengan layanan KA Kontainer KAI Logistik yaitu:

  • Stasiun Klari ke Kawasan Industri Surya Cipta di Karawang 
  • Stasiun Sungai Lagoa ke Kawasan Berikat Nusantara Marunda di Jakarta
  • Stasiun Ronggowarsito ke Kawasan Industri Wijayakusuma dan Kawasan Industri Terpadu Batang di Semarang

Pada Agustus 2024, KAI Logistik berhasil mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang khususnya pengiriman angkutan kontainer dengan mencatatkan 1.433.988 ton barang, meningkat sebesar 26% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023, di mana pengangkutan barang mencapai 1.140.732 ton barang.

Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam memperkuat jaringan logistik nasional melalui moda transportasi kereta api khususnya dalam pengiriman angkutan kontainer.

“Perusahaan berkomitmen menyediakan solusi logistik yang terintegrasi, cepat, dan efisien dengan terus berinovasi serta memperkuat konektivitas untuk mengoptimalkan rantai pasok nasional, sehingga pengiriman barang melalui kereta api menjadi lebih cepat dan memudahkan distribusi logistik ke berbagai wilayah di Indonesia," kata Fredi.

Hingga saat ini KAI Logistik telah berhasil menghubungkan layanan kereta api ke sejumlah kawasan strategis seperti pelabuhan di Pulau Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News