Kalah Pemilu, PM Inggris Rishi Sunak Mengundurkan Diri

Kalah Pemilu, PM Inggris Rishi Sunak Mengundurkan Diri
Arsip - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. (ANTARA/Simon Dawson/Handout via Xinhua/tm/am)

jpnn.com - MOSKOW - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memastikan bahwa pada Jumat akan mengundurkan diri dari jabatannya, setelah kalah dari Partai Buruh pada pemilihan parlemen.

Sunak mengatakan telah menelepon Pemimpin Partai Buruh, Keir Starmer, untuk mengucapkan selamat atas kemenangan partai itu dalam pemilihan parlemen tersebut.

"Saya akan segera menuju London, di situ saya akan berbicara lebih banyak tentang hasil malam ini, sebelum saya melepaskan jabatan sebagai perdana menteri yang sudah saya laksanakan sepenuh hati," kata Rishi sebagaimana dikutip Sky News.

Pemilihan parlemen Inggris berlangsung pada Kamis (4/7) dan Partai Buruh memperoleh kemenangan telak.

Sejauh ini, partai tersebut memenangkan 331 dari total 650 kursi di House of Commons (dewan perwakilan rakyat) setelah proses penghitungan suara dilakukan pada 474 daerah pemilihan parlemen.

Pemimpin partai yang memenangkan pemilihan parlemen akan menjadi perdana menteri negara dan membentuk pemerintahan baru. (antara/jpnn) 

PM Inggris Rishi Sunak memastikan akan mengundurkan diri dari jabatan, setelah kalah dari Partai Buruh pada pemilihan parlemen.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News