Kampanye Antirokok tak Pikirkan Nasib Petani Tembakau

Kampanye Antirokok tak Pikirkan Nasib Petani Tembakau
Kampanye Antirokok tak Pikirkan Nasib Petani Tembakau
JAKARTA - Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah, Nurtantio Wisnu Brata sangat menyayangkan kampanye antirokok oleh sejumlah aktivis LSM tidak murni, tetapi sudah ditunggangi agenda dan kepentingan lain. Apalagi, kata dia, kampanye tersebut diduga kuat didanai oleh pihak asing.

"Kalau targetnya untuk penegakan hukum tidak masalah, kalaupun dapat dana (dari asing) juga tidak dimasalahkan. Tapi bagaimana rasa nasionalisme mereka mengingat nasib ribuan petani tembakau di berbagai daerah," ujar Wisnu.

Wisnu mengakui, dirinya tidak menolak kebijakan antirokok. Meski begitu, dirinya berharap para aktivis itu juga melihat aspek lain, termasuk nasib para petani tembakau. "Kami berharap ada perhatian bagi para petani tembakau. Karena ada dugaan dalam kampanye antirokok terdapat target," katanya.

Ia juga meminta semua pihak yang terlibat dalam gerakan antirokok melihat aspek ekonomi para petani tembakau yang mengantungkan nasibnya pada industri rokok.

JAKARTA - Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah, Nurtantio Wisnu Brata sangat menyayangkan kampanye antirokok oleh sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News