Kapitalisasi Saham Dominasi Perbankan

Kapitalisasi Saham Dominasi Perbankan
Kapitalisasi Saham Dominasi Perbankan
JAKARTA - Sektor perbankan dominasi 10 tertinggi kapitalisasi pasar saham terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) per Maret 2011. Empat bank unggulan yang bertengger antara lain PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia (BBNI) senilai total Rp 540,534 triliun.

BCA menempati urutan kedua dengan market cap sebesar Rp 169,638 triliun. Posisi pertama masih ditempati PT Astra International Tbk dengan nilai kapitalisasi mencapai Rp 230,756 triliun. Bank Mandiri berada di urutan ketiga sebesar Rp 157,080 triliun menggeser PT Telkom ke urutan keempat senilai Rp 148,175 triliun. Sementara, BRI ada di urutan lima dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 140,429 triliun sedangkan BNI di nomor 10 dengan market cap Rp 73,387 triliun.

Pengamat pasar modal, Yanuar Rizky, mengatakan tingginya kapitalisasi saham perbankan sebagai efek dari transaksi di saham sektor ini oleh pihak asing, terutama di pasar uang yang dinilai memberikan return sangat besar. "Keuntungan yang didapat dari selisih nilai tukar kurs," ujarnya, kemarin (4/4).

Analis pasar modal PT Finance Corporindo, Edwin Sinaga, mengatakan laporan keuangan yang disampaikan emiten sektor perbankan tahun 2010 sangat positif sehingga meningkatkan performa sektor ini.

JAKARTA - Sektor perbankan dominasi 10 tertinggi kapitalisasi pasar saham terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) per Maret 2011. Empat bank unggulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News