Kartu Kredit Dominasi Pengaduan Perbankan

Kartu Kredit Dominasi Pengaduan Perbankan
Kartu Kredit Dominasi Pengaduan Perbankan
SURABAYA--Bank Indonesia (BI) mencatat pengaduan oleh nasabah perbankan terus meningkat. BI menyebut tren pertumbuhan ini terjadi seiring makin tingginya kesadaran nasabah akan produk dan layanan perbankan.

Merujuk data BI yang sesuai laporan yang disampaikan oleh Bank Umum terdapat peningkatan yang signifikan pada 3 tahun terakhir. Pada 2010 tercatat, 679.035 pengaduan,  2011 sebanyak 853.892 pengaduan, dan tahun lalu meningkat menjadi sebanyak 884.454 pengaduan.

"Sebagian besar terkait sistem pembayaran kartu kredit. Sekitar, 80 persen. Persoalan kartu kredit yang diadukan, seringkali terkait dengan masalah tagihan, kehilangan dan transaksi," ungkap Direktur Eksekutif Investigasi dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunnokusumo.

Dari pengaduan tersebut, sengketa yang dimintakan penyelesaiannya melalui Mediasi Perbankan kepada Departemen Investigasi dan Mediasi Perbankan (DIMP) BI juga naik. 2010, 278 permohonan, setahun kemudian, 510 permohonan, dan 2012 meningkat 521. "Peningkatan ini merupakan indikasi semakin tingginya kesadaran dan kebutuhan nasabah akan penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa perbankan yang patut dan layak," kata Yunno.

SURABAYA--Bank Indonesia (BI) mencatat pengaduan oleh nasabah perbankan terus meningkat. BI menyebut tren pertumbuhan ini terjadi seiring makin tingginya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News