Kasus Mesuji Lain Tak Terungkap

Kasus Mesuji Lain Tak Terungkap
Kasus Mesuji Lain Tak Terungkap
JAKARTA-Kasus penyerobotan tanah seperti di Mesuji, Lampung, dan di Provinsi Sumatera Selatan, jangan dianggap enteng. Sebab, kasus serupa di masih banyak. Jika tidak diantisipasi, hal itu bisa meledak dan menimbulkan korban jiwa.

Karena itu, aparat penegak hukum diharapkan dapat menyelidiki kasus tersebut dengan maksimal. ’’Jumlahnya banyak, seperti di Riau, Jambi, dan Kalimantan. Namun, kasus ini tidak mencuat ke permukaan,’’ papar Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Irman Gusman saat menyampaikan refleksi akhir tahun DPD RI, di kantornya, kemarin.

Senator asal Sumatera Barat ini mengemukakan, kasus tersebut sangat merugikan masyarakat luas. Sebab, tanah tempat tempat tinggal mereka dirampas. ’’Ini bentuk perampasan hak seseorang untuk memiliki tempat tinggal,’’ ujar negarawan pemikir ini.

Menurut politisi berlatar belakang pengusaha ini, bagian dari HAM adalah kebebasan seseorang untuk hidup, yaitu dengan memiliki tempat tinggal yang berdiri di atas tanah. ’’Kalau itu dirampas, maka bagaimana masyarakat bisa tinggal,’’ ujarnya.

JAKARTA-Kasus penyerobotan tanah seperti di Mesuji, Lampung, dan di Provinsi Sumatera Selatan, jangan dianggap enteng. Sebab, kasus serupa di masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News