Kawanan Perampok Terekam CCTV, Begini Pergerakan Mereka

Kawanan Perampok Terekam CCTV, Begini Pergerakan Mereka
Penjahat tertangkap. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - MOJOKERTO – Jajaran Polres Mojokerto berhasil mengungkap kasus perampokan di Jalan Majapahit Kota Mojokerto, tepatnya di depan toko Pelangi, seminggu lalu. Polisi berhasil meringkus satu dari enam pelaku perampasan uang tunai Rp 350 juta milik Nanang Budiman.

Imam Wahyudi, 28, ditangkap Satreskrim Polresta Mojokerto pada Jumat (22/1) di rumahnya di Kecamatan Lumpang, Kabupaten Probolinggo. Dalam pemeriksaan petugas, pelaku diidentifikasi bertindak sebagai pengintai calon korban. Pelaku menggunakan modus penyamaran sebagai nasabah bank.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Nyoman Budiarja, mengatakan, terungkapnya tersangka dari hasil identifikasi dan olah TKP di Bank BCA Jalan HOS Corkoaminoto. Gerak gerik Imam bersama tiga temannya terekam dalam CCTV (Closed Circuit Television) yang terpasang di sekitar lokasi bank.

Dalam rekaman CCTV, 2 orang pelaku menggunakan modus penyamaran untuk mengelabuhi petugas security bank setempat. Sedangkan empat pelaku lain menunggu di parkiran.

Dua pelaku di dalam menyempatkan diri bertransaksi ke teller untuk mengamati lebih dekat calon korban. Yakni, memastikan korban membawa uang tunai dalam jumlah besar. Saat itu, Nanang yang juga bos toko alat tulis ini tergolong nasabah prioritas yang mencairkan uang tunai dalam jumlah besar.

Setelah bidikan korban dipastikan, dengan gerak cepat mereka mengabarkan ciri-ciri calon korban kepada empat kawannya melalui ponsel. Mereka bertugas sebagai eksekutor. ’’Jadi dua pelaku masuk ke dalam dan ikut mengantre untuk transfer. Transfernya ya ke rekening tersangka Imam ini. Kemudian empat pelaku lain di parkiran sudah siap untuk melakukan eksekusi,’’ tuturnya kemarin.

Aksi penyamaran itu tampaknya berjalan mulus dan rapi. Dua eksekutor kemudian membuntuti korban hingga berada di lokasi perampasan yang dianggap lengang. Korban yang turun dari mobil pribadi sambil menenteng uang dalam kantong plastik warna hitam, langsung disatroni. Kantong plastik dirampas. Dan, korban sendiri tidak kuat mempertahankan uangnya itu. 

Bahkan, korban dan pelaku terjatuh. Namun pelaku eksekutor lebih lincah. Pelaku berhasil merebut kantong plastik dan kabur bersama satu temannya ke arah selatan menggunakan motor Honda Tiger hitam. ’’Jadi empat pelaku ini masing-masing dua sebagai eksekutor dan dua lainnya bertugas menjadi penghambat pengendara lain atas aksi yang dilakukan,’’ imbuh pria asal Bali ini.

MOJOKERTO – Jajaran Polres Mojokerto berhasil mengungkap kasus perampokan di Jalan Majapahit Kota Mojokerto, tepatnya di depan toko Pelangi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News