Kekuatan Jokowi karena Sikap Ndeso

Kekuatan Jokowi karena Sikap Ndeso
Kekuatan Jokowi karena Sikap Ndeso
JAKARTA - Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanudin Muhtadi, menjelaskan bahwa sikap Ndeso (lugu) Joko Widodo menjadi salah satu kekuatan memenangkan pemilukada DKI Jakarta.

"Ke-ndeso-an Jokowi menjadi kekuatan sekarang di masyarakat. Apakah ke-ndeso-an itu by design atau accident saya tidak tahu. Tapi keluguan dan kebersahajaan Jokowi menjadi kekuatan," kata Burhanudin, di Kantor LSI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

Ia menambahkan, seringkali elit politik lupa bahwa dalam pemilihan langsung itu yang lebih menentukan adalah figur yang diusung, bukan partainya.

Menurut dia, pembelajaran politik seperti ini sudah diberikan pemilih sejak pemilihan presiden 2004 silam. Menurutnya, saat ini figur Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla yang hanya diusung oleh Partai Demokrat yang saat itu belum sebesar sekarang, bisa mengalahkan Megawati-Hasyim Mujadi yang didukung partai besar seperti PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan.

JAKARTA - Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanudin Muhtadi, menjelaskan bahwa sikap Ndeso (lugu) Joko Widodo menjadi salah satu kekuatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News